Manajemen Pemasaran - Loyalitas Konsumen dan Kualitas Pelayanan
Studyonlineid.blogspot.com - Pengertian Loyalitas konsumen secara garis besar nya adalah proses mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru, melalui riset yang di lakukan secara langsung dengan konsumen potensial.
Loyalitas pelanggan dapat didefinisikan dengan beberapa cara berbeda. Terutama, loyalitas pelanggan adalah ketika seseorang bertransaksi dengan merek (atau membeli produk tertentu) secara berkelanjutan. Namun, loyalitas dapat dalam berbagai bentuk yang berbeda. Beberapa berpendapat bahwa loyalitas pelanggan adalah ketika pelanggan hanya membeli dari merek tertentu. Misalnya, Anda hanya akan membeli bahan makanan dari satu toko, meskipun ada pilihan toko lain yang menyedikan barang yang lebih murah.
Yang lain mengatakan kesetiaan tidak selalu terwujud dalam pembelian, tetapi dalam perilaku seperti advokasi sosial. Pelanggan hanya dapat membeli satu Toyota seumur hidup mereka, tetapi mereka juga sering merekomendasikan tentang kualitas kendaraan Toyota kepada teman-teman atau orang terdekat mereka. Berbeda pada masing-masing bisnis untuk memutuskan bagaimana mereka mendefinisikan kesetiaan atau loyalitas, apakah itu ukuran atau frekuensi transaksi, kesetiaan, rekomendasi, atau hanya keterlibatan yang penuh dalam menyebarkan merek.
Namun biasanya loyalitas terbangun karena: ketika mereka membutuhkan sesuatu yang Anda tawarkan, pelanggan setia akan selalu mengingat produk atau layanan Anda (dalam hal yang baik).
Berikut cara membangun hubungan emosional dengan konsumen:
A. Menghubungi konsumen secara berkala
B. Membuat konten yang berkualitas
C. Menjadi otoritas dalam bisnis yang dijalankan
Email keputusan dan sudut pandang
1. Membuat email secepat mungkin
2. Membuat keputusan
3. Menghargai sudut pandang pelanggan
Realistis, proaktif, transparan
Hal yang dapat dilakukan oleh para pembisnis
1. Berikan sentuhan yang personal : sudah merupakan hal yang wajar saat seseorang ingin di perhatikan termasuk saat dirinya di posiskan sebagai pelanggan, sentuhan personal yang biasa di anggap sepele teryata bisa memberikan pengaruh yang baik untuk keberlangsungan bisnis , sentuhan personal akan membuat daya tarik konsumen dan bisa saja membuat mereka menjadi pelanggan tetap.
2. Realistis namun tidak terlalu ribet : banyak pelaku bisnis yang mengumbar janji pada konsumen yang cenderung berlebihan , hal yang bagus jika janji janji itu bener bener di realisasikan, namun ada juga pembisnis yang hanya mengumbar janji semata. Sebenarnya tidak harus mengumbar janji , cukup dengan meningkatkan kualitas bisnis akan membuat bisnis sukses dengan pelanggan yang royal
3. Mengidentifikasi peluang secara proaktif : selalu di ingatkan diri sendiri bahwa dirinya adalah orang yang menjalankan sebuah usaha, oleh karena itu ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai prinsip , salah satunya adalah prinsip menjemput bola sangat baik diterapkan dalam berbisnis untuk menarik pelanggan dateng ke bisnis yang dijalankan
4. Jelas dan transparan : sudah sepantasnya pelanggan atau konsumen mendapatkan kejelasan mengenai ketentuan yang dilakukan oleh pelaku bisnis , untuk itu sangat penting untuk memberikan kejelasan mengenai informasi atau ketentuan yang dilakukan kepada konsumen,selain itu transparansi mengenai kesediaan produk juga harus dilakukan agar konsumen memberikan kepercayaan kepada pembisnis.
0 Response to "Manajemen Pemasaran - Loyalitas Konsumen dan Kualitas Pelayanan"
Post a Comment