Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran
Study Online ID | Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran - di artikel kal ini, kita akan berbicara terkait dengan manajemen pemasaran, alur pembahasan kita akan lebih fokus kedalam pemahaman secara garis besar terkait dengan manajemen pemasaran itu sendiri, dan berikut ini adalah pembahasannya :
A. Pengertian
Marketing atau pemasaran merupakan hal yang penting untuk perusahaan dalam menjalankan usahanya. Banyak orang mengatakan bahwa konsep dalam pemasaran ini sama dengan konsep penjualan, padahal dari segi penerapannya berbeda yang mana konsep pemasaran tidak serta merta melakukan penjualan yang berdampak langsung pada keuntungan perusahaan.
Konsep pemasaran ini berkaitan dengan filosofi bisnis yaitu menguntungkan pelanggan maupun perusahaan, beda jenis bisnis dan juga konsepnya sering disebut filosofi manajemen pemasaran. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam memuaskan mereka dengan cara yang lebih efektif dari pesaing diluaran. Inti dari konsep pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan atau untuk mengetahui kebutuhan pasar. Pemasaran menjadi salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen agar mereka mendapatkan kepuasan.
B. Jenis - Jenis Konsep Marketing
Segala prilaku perusahaan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Ada 3 jenis konsep marketing, yaitu :
1. Needs atau Kebutuhan
Segala sesuatu yang pemting untuk menjalani kehidupan yang sehat, stabil dan aman. Jika kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi maka akan menimbulkan efek buruk untuk kehidupan, kebutuhan ini dapat bersifat objektif dan juga subjektif.
2. Wants atau Keinginan
Segala sesuatu yang di cita - cita kan dan tidak terlalu penting.
3. Demands atau Permintaan
Ketika kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan ekonomi (pembayaran) mereka.
C. 5 Konsep Marketing
1. Konsep Produksi
Produksi massal dapat mengurangi biaya dan dapat memaksimalkan keuntungan.
2. Konsep Produk
Bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih suka produk dengan kualitas dan harga yang lebih tinggi.
3. Konsep Penjualan
Berfokus dalam membuat penjualan produk yang sebenarnya, pelanggan akan beli jika penjual melakukan penjualan secara agresif.
4. Konsep Pemasaran
Semua dilakukan untuk kepuasan konsumen.
5. Konsep Pemasaran Masyarakat
Menekankan pentingnya kesejahteraan masyarakat.
D. Marketing vs Penjualan
- Marketing : Titik mulanya berada di target market, lalu berfokus pada kebutuhan konsumen yang mana pemasaran terintegrasi ini memiliki tujuan untuk untung dalam penjualan melalui kepuasan pelanggan.
- Penjualan : Titik mulanya berada di pasar, lalu berfokus pada penjualan produk yang mana penjualan dan promosi ini memiliki tujuan untuk untung melalui volume penjualan.
E. Kesimpulan
Perbedaan mendasar pada konsep marketing dan penjualan yaitu :
- Konsep marketing : Kepuasan konsumen menjadi titik awal pembuatan produk
- Konsep penjualan : Produk adalah hal yang menjadi fokus utama
0 Response to "Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran"
Post a Comment