-->

Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran

 

 Pengertian Manajemen Pemasaran, Konsep, Faktor dan Peran

 

Study Online ID | Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran - di artikel kal ini, kita akan berbicara terkait dengan manajemen pemasaran, alur pembahasan kita akan lebih fokus kedalam pemahaman secara garis besar terkait dengan manajemen pemasaran itu sendiri, dan berikut ini adalah pembahasannya : 

A.    Pengertian 

Marketing atau pemasaran merupakan hal yang penting untuk perusahaan dalam menjalankan usahanya. Banyak orang mengatakan bahwa konsep dalam pemasaran ini sama dengan konsep penjualan, padahal dari segi penerapannya berbeda yang mana konsep pemasaran tidak serta merta melakukan penjualan yang berdampak langsung pada keuntungan perusahaan. 

Konsep pemasaran ini berkaitan dengan filosofi bisnis yaitu menguntungkan pelanggan maupun perusahaan, beda jenis bisnis dan juga konsepnya sering disebut filosofi manajemen pemasaran. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam memuaskan mereka dengan cara yang lebih efektif dari pesaing diluaran. Inti dari konsep pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan atau untuk mengetahui kebutuhan pasar. Pemasaran menjadi salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen agar mereka mendapatkan kepuasan.

B.     Jenis - Jenis Konsep Marketing 

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Segala prilaku perusahaan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Ada 3 jenis konsep marketing, yaitu :

1.      Needs atau Kebutuhan

Segala sesuatu yang pemting untuk menjalani kehidupan yang sehat, stabil dan aman. Jika kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi maka akan menimbulkan efek buruk untuk kehidupan, kebutuhan ini dapat bersifat objektif dan juga subjektif.

2.      Wants atau Keinginan

Segala sesuatu yang di cita - cita kan dan tidak terlalu penting.

3.      Demands atau Permintaan

Ketika kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan ekonomi (pembayaran) mereka.

 

C.    5 Konsep Marketing

Blog siUnthel: Jenis-Jenis Marketing yang ada di Indonesia

1.      Konsep Produksi

Produksi massal dapat mengurangi biaya dan dapat memaksimalkan keuntungan.

2.      Konsep Produk

Bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih suka produk dengan kualitas dan harga yang lebih tinggi.

3.      Konsep Penjualan

Berfokus dalam membuat penjualan produk yang sebenarnya, pelanggan akan beli jika penjual melakukan penjualan secara agresif.

4.      Konsep Pemasaran

Semua dilakukan untuk kepuasan konsumen.

5.      Konsep Pemasaran Masyarakat

Menekankan pentingnya kesejahteraan masyarakat.

 

D.    Marketing vs Penjualan 

PERHEBAT BUSINESS SCHOOL

Marketing : Titik mulanya berada di target market, lalu berfokus pada kebutuhan konsumen yang mana pemasaran terintegrasi ini memiliki tujuan untuk untung dalam penjualan melalui kepuasan pelanggan.

- Penjualan : Titik mulanya berada di pasar, lalu berfokus pada penjualan produk yang mana penjualan dan promosi ini memiliki tujuan untuk untung melalui volume penjualan. 

 

E.     Kesimpulan

SMK SWASTA TRI KARYA

Perbedaan mendasar pada konsep marketing dan penjualan yaitu :

- Konsep marketing : Kepuasan konsumen menjadi titik awal pembuatan produk

- Konsep penjualan : Produk adalah hal yang menjadi fokus utama 

 

0 Response to "Manajemen Pemasaran : Definisi dan Konsep Manajemen Pemasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel