Manajemen Pemasaran : Strategi Pemasaran dan Rantai Nilai
Study Online ID | Manajemen Pemasaran - Dalam artikel ini, kita
akan membahas Stategi Pemasaran dan Rantai Nilai yang mana pada dasaranya Strategi Pemasaran merupakan suatu metode pengenalan produk dari satu perusahaan yang akan di pasarkan kemasyarakat dengan dikemas secara menarik agar bisa menarik daya tarik masyarakat atau konsumen untuk membeli produk tersebut.
Pengelompokan Rantai Nilai :1. Kegiatan utama (Primary Activities)
Kegiatan utama dalam value chain merupakan seluruh kegiatan bisnis yang mampu menciptakan nilai ataupun manfaat untuk para pelanggan dalam menyajikan sesuatu yang mampu menunjukan keistimewaan perusahaan didalam pasar.
Kegiatan perusahaan yang masuk dalam kegiatan utama ialah
- kimbone logistics, merupakan suatu kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan penyuimpanan, penerimaan, dan juga menyebarkan produk
- Operation, yaitu merupakan suatu kegiatan yang merubah produk bahan baku menjadi produk akhir.
- Outbound Logistics, merupakan suatu kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan menyebarkan produk ataupun jasa kepada pelanggan.
- Marketing and Sales, adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran danjuga penjualan seperti promosi.
Servis, merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan menyediakan layangan agar bisa lebih meningkatkan pemeliharaan suatu produk.
2. Kegiatan pendukung (Support Activities)
- Kegiatan pendukung dalam value chain adalah suatu kegiatan perusahaan yang bertujuan dalam memberikan aktivitas guna mencapai kegiatan utama perusahaan.
- Infrastuktur perusahaan (firm infrastructure), suatu kegiatan yang berkaitan dengan biaya danjuga aset yang berkaitan dengan manajemen umum, keuangan, akuntansi, keamanan, dan juga keselamatan sistem informasi.
Manajemen sumber daya manusia (human resource management),merupakan suatu kegiatan pelatihan, pengembangan , danjuga kompensasi untuk seluruh jenis personel yang didalamnya termasuk pengembangan tingkat keahlian kerja.
- Pengembangan teknologi (Technologi Development), sebuah kegiatan yang berkaitan dengan perbaikan, proses, produk pengembangan software, perancangan alat sistem telekomunikasi, kapabilitas data baru, hingga membangun dukungan sistem yang terkomputerisasi.
- Pengadaan (recruitment) , merupakan suatu aktivitas yang berkaitan dengan cara mendapatkan sumber daya seperti fungsi pembelian yang digunakan dalam value chain.
Strategi Value chain:
1. Strategi Keunggulan Bersaing
Strategi Keunggulan Bersaing merupakan suatu kemampuan pada perusahaan dalam mendapatkan keuntungan ekonomis terdapat laba yang dapat diperoleh oleh kompotitor dipasar dalam industri yang sama. Keberhasilannya dapat diukur dengan daya saing yang strategis dan profitabilitas yang tinggi.
2. Strategi Keunggulan Biaya
Harga jual biaya dan biaya lainnya akan menjadi pertimbangan pada setiap perushan yang oingin menjual suatu barang ataupun jasa.
3. Strategi Diferensiasi
Diferensiasi artinya berbeda, dizaman ini perusahaan hanya mengeluarkan produk yang sama dengan yang lain dan tentu tidak akan menarik.
Fungsi Rantai Nilai dalam Perusahaan
tujuan utamanya adalah untuk menerapkan value chain demi meningkatkan keuntungan perusahaan dan sebisa mungkin mengurangi biaya perusahaan.
1. Penelitian dan Pengembangan
2. Desain Produk atau jasa hingga proses
3. Produksi
4. Pemasaran dan penjualan
Pentingnya Value Chain
Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi tahap-tahap value chain dimana perusahaan dapat meningkatkan value untuk pelanggan atau menurunkan biaya.
0 Response to "Manajemen Pemasaran : Strategi Pemasaran dan Rantai Nilai"
Post a Comment