-->

Destinasi Wisata di Banten yang Tidak Kalah Menarik dengan Kota Lain



Yo, whats’up readers of the blog. Kembali lagi di Study Online ID. dan pada artikel kali ini, Alghifari Tech akan membagikan informasi tempat wisata di Banten yang lagi Hits banget.
Untuk kamu yang masih bingung liburan mau ke mana, yuk langsung simak beberapa destinasi wisata di Banten ini.

Check This Out…

Pertama, Pantai Banten

Banten adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa dan pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat banyak memiliki pantai-pantai nan indah dan mempesona untuk Anda nikmati.

Wilayah yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini serta lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota DKI Jakarta membuat pantai-pantai di Banten banyak dikunjungi wisatawan setiap akhir pekannya.


1. Pantai Anyer

salah satu pantai terindah di Banten yang wajib Anda kunjungi. Pantai nan indah dengan pasir putihnya yang mempesona menjadikan Pantai Anyer menjadi salah satu pantai favorit dengan spot yang indah serta objek wisata yang beraneka ragam menjadikan Pantai Anyer banyak dikunjungi oleh keluarga ketika akhir pekan datang. 

Di Pantai Anyer yang berlokasi di Desa Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, bermain water sport, membangun istana pasir, snorkeling, berselancar, menikmati sunset dan sunrise serta berkumpul bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai di vila-vila yang banyak bertebaran di sepanjang garis pantai serta masih banyak lagi aktivitas pantai lainnya yang dapat Anda lakukan bersama keluarga.

2. Pantai Sawarna

Pantai ini memang masih tergolong baru dan belum sepopuler Pantai Anyer, namun keindahan Pantai Sawarna ini juga sangat menawan dan eksotis. Pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak atau berjarak 150 kilometer dari Rangkasbitung memiliki hamparan pasir putih nan berkilau serta bersih serta karang-karang yang menjulang dengan deburan ombak yang cukup besar yang banyak disenangi oleh para pecinta dunia selancar.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki ciri khas Pantai Selatan dengan ombaknya yang besar serta arus yang kuat. Letaknya yang terpencil serta aksesnya yang agak sedikit sulit untuk di jangkau, Pantai Sawarna bagaikan surga tersembunyi bagi pecinta surfing dunia.

3. Pantai Tanjung Lesung

Pantai terindah lainnya yang berada desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pantai dengan hamparan pasir putih bersih nan lembut serta air lautnya yang jernih biru kehijauan yang dipadukan dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh disepanjang garis pantai menjadikan pantai ini tempat yang nyaman dan tenang sebagai tempat berlibur Anda bersama keluarga atau berjalan bersama pasangan menyusuri garis pantai ditemani dengan semilir angin dan deburan ombak dengan suasana tenang dan romantis.

Nama Tanjung Lesung sendiri berasal dari nama lokasi pantai. Bentuk daratan pantai ini sedikit menjorok ke laut yang menyerupai ujung lesung. Lesung sendiri adalah alat tradisional untuk menumbuk padi.

Dengan panjang garis pantai sekitar 15 kilometer dengan hamparan pasir putihnya yang landai memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai macam kegiatan air.



Kedua, Curug/Air Terjun di Banten

Meski dikenal dengan wisata Pantai. Banten juga punya destinasi wisata air terjun lho. Ini dia daftar destinasi air terjun yang ada di Banten.

1. Curug Cigumawang,

Terletak di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Berjarak sekitar 5 km ke arah barat lokasi wisata Pemandian Air Cirahab atau berjarak 10 km ke arah selatan jika dari jalan raya Cinangka. Air terjun Cigumawang memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan sumber mata air berasal dari Gunung Buntu. Di tempat wisata curug Cigumawang ini sering digunakan untuk kegiatan perkemahan, panjat tebing dan kegiatan outbound lainnya. Di sekitar lokasi terdapat beberapa fasilitas umum yang cukup lengkap seperti warung, mushola, bumi perkemahan, ruang ganti dan toilet. Koordinat lokasi GPS: -8.370461, 115.176187. Untuk Anda yang ingin berkunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 2500 per orang serta biaya parkir yang umumnya berkisar Rp 3000 per kendaraan.


2. Curug Cihear

Terletak di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Aliran air terjun ini cukup deras dengan ketinggian air ± 25 m, dengan lebar sekitar 6 meter. Lokasinya berada di Gunung Leutik di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak berdekatan dengan tempat wisata Arung Jeram Sungai Ciberang. Jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta melalui Balaraja atau 80 km dari Serang melalui Pandeglang dan Rangkasbitung.


3. Curug Gendang

Terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Bisa ditempuh melalui jalan raya Carita berjarak sekitar 2 km atau sekitar 3,5 km dari Taman Wisata Alam Carita. Koordinat GPS: 6° 19′ 11.04″ S 105° 51′ 1.27″ E. Juga dikenal dengan nama Curug Citajur, berada sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan mata air berasal dari Gunung Panganjaran. Air terjun Gendang ini memiliki ketinggian terjunan air sekitar 7 meter dan dengan kedalaman kolam 13 meter serta luas 10 meter.
Telah dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi seperti home stay, pesanggrahan, wisma tempat menginap dan areal camping ground. Serta areal parkir, pos jaga dan toilet. Untuk Anda yang berkunjung dikenai harga tiket masuk Curug Gendang sekitar Rp 2500 per orang.

4. Curug Putri

Terletak sekitar 25 km dari pusat kota Pandeglang, tepatnya di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Berada dikawasan Gunung Pulosari membuat lokasi curug ini berada ditempat ketinggian, sehingga untuk mencapainya memerlukan pendakian yang berliku dan stamina yang prima. Tak jauh dari dari Curug Putri ini ada pemandian air panas dan sekitar 800 m terdapat Kawah Pulosari.

5. Curug Sawer

Terletak di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Lokasinya kurang dari 1 km dari pusat kecamatan Cigeulis dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 10 menit. Air terjun Sawer terdiri dari dua curug, yang berada di bagian atas bernama Curug Lalakina dengan ketinggiannya mencapai 25 m, sedangkan yang berada dibagian bawah adalah Curug Bikang dengan ketinggian sekitar 7 meter




Ketiga, Wisata Gunung di Banten



Meski, berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, bukan berarti Banten tidak memiliki wisata Gunung lho. Untuk kamu yang suka mendaki, berikut ini daftar wisata Gunung yang dapat kamu daki.

1. Gunung Pilosari

Merupakan Gunung berapi yang beradi di Kabupaten Pandeglang-Banten. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, namun tetap ada aktivitas fumarole yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter (Wikipedia)
Bagi masyarakat Banten, gunung Pulosari merupakan gunung yang penuh dengan kemistsan. Di sini banyak di temukan situs-situs kunodalam bentuik batu. Gunung ini memiliki tinggi 1346 MDPL. Terlihat sangat pendek memang, namun jangan salah. Gunung ini memiliki trek yang hampir sama dengan gunung Cikurai yang bikin kaki lemas.

2. Gunung Gede

Eitss, jangan salah tangkap yah. Gunung Gede ini bukan Gede-Pangrango di Bogor Mountholic, Tapi Gunung Gede di Cilegon Banten. Gunung ini berada di Kawasan Wisatan Cagar Alam Gunung Tukung Gede. Di Cagar Alam ini mengalir dua sungai besar yang bermuara di Pantai Anyer, antar lain Sungai Cikoneng dan Sungai CIgandik. Lokasi Gunung Gede hanya 1 jam dari Pusat kota cilegon. Disini Mountholic bisa hiking, Camping atau sekedar traveling mensyukuri keindahan Alam Indonesia.

3. Gunung Batu Lawang

Gunung yang berada di wilayah Gerem – Merak, anda dapat melihat objek wisata berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang. Selain itu anda akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang. Kenapa dinamakan Batu Lawang, karena di tempat tersebut terdapat dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu. Kedua batu ini berada di antara Gunung Batur dan Gunung Gede, yang menjadi batas antara Kota Madya Cilegon dengan daerah Bojonegara yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Serang.

4. Gunung Karang.

Gunung Karang adalah sebuah gunung berapi non aktif yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Gunung Karang memiliki ketinggian 1.778 meter di atas permukaan laut dengan puncaknya yang bernama Sumur Tujuh karena ada tujuh sumur mata air di puncaknya. Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten. Selain itu, gunung ini juga menjadi lokasi wisata ziarah favorit di Banten.


Nah Readers, itulah beberapa destinasi wisata di Banten Yang dapat kamu jumpai, dan kunjungi. Masih ragu sama Banten?
Yuk berlibur ke Banten bersama keluarga tercinta.

Thanks For Reading, See You Next Article, and jangan Lupa Shalat…



Suka dengan Artikel ini? Yuk Bagikan ke teman-teman lain…

0 Response to "Destinasi Wisata di Banten yang Tidak Kalah Menarik dengan Kota Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel